Jumat, 04 November 2011

Temu Alumni Akbar

Latar Belakang

Pembangunan olahraga nasional tidak terlepas dari peran dan kontribusi dari seluruh unsur sivitas akademika FPOK. Kontribusi yang telah diberikan baik dalam bentuk sumbangan pemikiran kiat-kiat pembangunan olahraga, pensuply tenaga atlet dan pelatih, serta teknisi keolahragaan telah banyak diberikan. Tercatat dalam keberadaannya FPOK telah berhasil memberikan bantuan pemikiran dalam bidang pelatihan olahraga dan pendidikan olahraga dari para tenaga Ahli dibidang Keolahragaan (seperti, Prof. Harsono, Prof. Supandi (Alm), Prof Rusli lutan, Prof Santoso, Prof Iwan Setiawan (Alm), Prof. Tahir Djide (Alm),  Prof. Danu Hoedaya, Prof. Tarigan, dan Prof Adang Suherman) dan sejumlah pelatih seperti Drs. Indra Thohir, M.Pd., Drs. Abdul Kadir, M.A.,  Drs. Yamin Nuriman, Drs. Srigyanto, Drs. Pung Sunarto, Drs. Ramlan., Drs. Ajang Suparlan, M.Pd., Drs. Yoyo Bahagia, Drs. Eka Nugraha, Drs. Dede Rohmat, M.Pd., Dr. Dik-dik, M.Pd., dan sejumlah tokoh keolahragaan baik skala Jawa Barat atau Nasional seperti Drs. Ari Suwardi (Alm), Drs, Muchtamdji, Drs, Achmad Damiri. Generasi muda yang patut dibanggakan adalah kiprah pembangun olahraga Jawa Barat yang kini turut pula berpkiprah didalam pembangunan olahraga nasional adalah Dr. Amung Ma’mun, M.Pd. dan Drs. Agus Mahendra, M.A.
Selain itu beberapa tokoh pembangunan olahraga Jawa Barat, seperti Drs. Nurhasan, M.Pd. Drs. Ade Angga, M.Pd. (Alm), Dr. Ucup Yusuf, M.Kes., Dr. Yudha M. Saputra, M.Ed.Tokoh-tokoh besar dibidag keolahragaan ini telah banyak berkiprah dalam pembangunan olahraga daerah Jawa Barat maupun Nasional, dan bahkan Internasional. Kebanggaan akan kiprah mereka ini patut dijadikan cerminan bagi generasi muda yang harus melanjutkan cita-cita dan perjuangan mereka dalam mengangkat prestasi dan prestise Bangsa Indonesia di bidang keolahragaan.

Generasi berikut kini telah banyak berkiprah melanjutkan cita-cita pejuang olahraga terdahulu dengan terus berkarya dan mengabdi bagi kemajuan lembaga FPOK melalui berbagai kiprah nyata baik dalam penulisan buku ajar atau materi perkuliahan, pengembangan sarana-prasarana perkuliahan, dan peralatan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga, dilengkapi dengan pemenuhan sarana laboratorium kebugaran jasmani, kedokteran olahraga, dan fisiologi olahraga.

FPOK dengan segala kelengkapan sarana olahraga yang dimiliki seperti Gymnasium, Sport Hall, Stadion Atletik dan Lapangan Sepakbola, Kolam Renang, dan Tenis Dome menggeliat menunjukkan eksistensi diri sebagai lembaga pelopor dan leading dalam bidang pembangunan olahraga dan pendidikan jasmani serta olahraga kepelatihan dan olahraga rekreasi. Keberadaannya kini banyak diperhatikan oleh Lembaga-Lembaga Mitra sejenis baik Nasional maupun Internasional.
FPOK dalam keberadaannya, berkembang dari sejarah yang panjang, sejak masa GIVLO, LAPD, APD, FPD, STORA, STO, FKIK, dan akhirnya FPOK. Masa menjadi FPOK berjalan selama 28 tahun, sejak tahun 1983 sampai sekarang tahun 2011. Perjalanan sejarah, yang jika diurut telah berlangsung selama kurang lebih 70 tahun, mengantarkan pada kemandirian sebagai lembaga terdepan dan termaju dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan. Bukti kepeloporan ini dapat dilihat dari sarana-prasarana yang dimiliki, sumber daya manusia, sumber belajar, dan proses pembelajaran yang terjamin dalam struktur pengembangan materi mutakhir dan kekinian ditunjang oleh penelitian-penelitian yang menopang pada keunggulan dan kepeloporan itu.

Perjalanan sejarah lembaga FPOK telah mewarnai perkembangan pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan, yang kini mulai beranjak pada tataran perlunya kejelasan visi, misi, dan tujuan dari setiap program studi yang mengembangkannya. Pengalaman dan dinamika warna yang membentuk ini telah menimbulkan kesan dan kenangan yang teramat indah untuk diceritakan. Karena itu wujud dari semua ekspresi kesan dan kenangan ini perlu ditunjukkan dalam suatu REUNI AKBAR MULAI LAPD SAMPAI FPOK. Cerita kesan dan kenangan ini menjadi sebuah refleksi ke depan, yang diharapkan semakin mempertegas posisi, kedudukan, peran, dan kontribusi FPOK bagi pembangaun pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan di masa yang akan datang.

Maksud dan Tujuan
  1. Mempererat tali persaudaraan antar alumni LAPD sampai FPOK UPI.
  2. Menunjukkan titik kulminasi dari pembangunan pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan.
  3. Menggalang gagasan penting ke arah pembangunan pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan di masa yang akan datang.
  4. Membentuk badan asosiasi profesi terkait pengembangan pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan. 
  5. Memperlihatkan peran, fungsi, dan kontribusi lembaga FPOK kepada semua stakeholders terkait pendidikan jasmani, olahraga dan ilmu keolahragaan. 
  6. Menggelar kepeloporan dan keunggulan FPOK sebagai lembaga pendidikan tinggi keolahragaan yang terdepan dan termaju di Indonesia  

Nama Kegiatan
 
Kegiatan ini diberi nama REUNI AKBAR LAPD SAMPAI FPOK TAHUN 2011”.

Tema Kegiatan
Tema yang diusung adalah Melalui “REUNI AKBAR LAPD sampai FPOK UPI TAHUN 2011, kita tingkatkan peran dan kontribusi FPOK UPI dalam pembangunan olahraga nasional menuju lembaga pendidikan tinggi keolahragaan yang unggul dan terdepan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Reuni akbar ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Desember 2011 dan bertempat di FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Setiabudi No. 229 Bandung 


Peserta
Peserta Reuni Akbar ini adalah seluruh alumni Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI (termasuk alumni LAPD/APD, STO, FKIK, FPOK) dari tahun 1956 s.d 2010

Biaya Keikutsertaan
Peserta yang akan mengikuti kegiatan Reuni Akbar FPOK UPI tahun 2011  harus membayar biaya kegiatan sebesar Rp. 100.000/orang.

Tempat Pembayaran   
Pembayaran keikutsertaan Reuni Akbar FPOK UPI tahun 2011 dapat dilaksanakan di sekretariat panitia Kampus FPOK-UPI Jl. Setiabudi No.229 Bandung telp & Fax 022 2004750 dari pukul 08.00 – 14.00 WIB atau dapat langsung melalui rekening No. 0022340544 BNI 46 Cabang UPI Bandung atas nama Nina Sutresna kemudian menginformasikan bukti pengiriman melalui fax ke panitia Reuni.

Rancangan Acara
Kegiatan Reuni Akbar dari LAPD sampai FPOK tahun 2011 ini diisi oleh kegiatan:
1. Saresehan
2. Pameran Buku dan Alat-Alat Keolahragaan
3. Kegiatan Keolahragaan
4. Pembentukan Asosiasi Profesi Keolahragaan
5. Tiga Peran Satu Tujuan


Kontak Person & Informasi
Panitia Reuni 
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung

Phone/Fax : 022 -2004750

website:www.upi.edu

http://fpok-upi-bandung@blogspot.com

Contact Person:

Dr. Bambang Abduljabar. M.Pd (081394064448)

Uus Mulyana (081320537237) 
H. Irsyad (08562111561)


Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Leaflet Reuni FPOK 2011 ini.


1 komentar: