Rabu, 28 Desember 2011

Pelaksanaan Reuni Akbar 17-18 Desember 2011


Kegiatan Reuni Akbar FPOK UPI telah dilaksanakan 17-18 Desember 2011 dengan lancar. Kegiatan Reuni Akbar dari LAPD sampai FPOK tahun 2011 ini diisi oleh berbagai acara diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Saresehan
Acara ini merupakan acara utama dari kegiatan Reuni Akbar,  dengan susunan acara sebagai berikut:
a.       Acara ini di MC oleh alumni FPOK Jurusan PKR tahun 2002.
b.      Pembukaan diisi oleh tari jaipongan dari UKM Senam FPOK UPI
c.       Sambutan dan sekaligus pembukaan acara oleh Dekan FPOK UPI Dr. H. Yudha M. Saputra, M.Ed.
d.      Dialog dan diskusi dengan tokoh dan Alumni FPOK UPI yang berhasil
1)     Prof. Drs. Harsono, M.Sc., menjelaskan mengenai kilas baik FPOK mulai dari AILO, LAPD, APD, STO, FKIK dan FPOK UPI.
2)     Drs. H. A. Sudrajat P., M.Pd., menjelaskan mengenai perkembangan olahraga khususnya di Jawa Barat. Pengalaman beliau menjadi sekretaris KONI Jabar untuk selama 4 periode kepengurusan menujukkan bahwa olahraga telah menjadi tataran penting dalam kehidupan bermasyarakat di Jawa Barat. FPOK perlu mengambil peran dan menunjukkan diri sebagai lembaga akademik yang konsen terhadap eksistensi, peran, kedudukan, dan kontribusi olahraga bagi kemaslahatan hidup masyarakat Jawa Barat. Olahraga perlu dipicu sebagai alat untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Jawa Barat. Gerakan promosi dan sosialisasi olahraga dalam berbagai dimensinya harus dilakukan FPOK kepada seluruh masyarakat Jawa Barat. Olahraga perlu diposisikan dalam konteks kepentingan berbagai kebijakan untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Barat.
3)     Drs. Asep Muslihat., Berbicara dalam kapasitas Kepala Dinas Olahraga Subang dan alumnus FPOK UPI, beliau menyarankan perlunya perluasan profesi terkait pendidikan jasmani dan olahraga. Orentasi para lulusan dalam mencari dan menemukan pekerjaan harus diarahkan pada selain menjadi tenaga guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah-sekolah. Selain itu, perlunya penegasan kualifikasi para lulusan yang dihasilkan FPOK dengan kebutuhan masyarakat terkait olahraga. Perlu dilakukan analisis komprehensif kenyataan kebutuhan lapangan dengan kesiapan FPOK sebagai lembaga yang menghasilkan tenaga-tenaga akademis di bidang keolahragaan. Selain itu pula, penelusuran perlu dilakukan dalam upaya mengenali pasar kerja terkait pendidikan jasmani dan olahraga.  Kepentingan mendesak ini harus segera dilakukan untuk dapat memetakan kompetensi para lulusan yang dihasilkan dengan  kebutuhan masyarakat, sementara ini kejelasan juga perlu dilakukan terhadap keberadaan jurusan dan program studi yang ada, yaitu: olahraga pendidikan di jurusan Pendidikan Olahraga dengan Prodi PJKR dan prodi PGSD Penjas, olahraga rekreasi ada di Jurusan PKR, dan olahraga prestasi ada di Jurusan Kepelatihan dengan prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraganya. Keselarasan dan koherensi antara kualifikasi lulusan dari setiap Prodi dengan kebutuhan masyarakat perlu jelas kelihatan keterhubungannya.
4)     Saeful S.Pd., Sebagai generasi muda yang berhasil membangun wirausaha dalam bidang bisnis olahraga, Kang Eful, demikian nama panggilan akrabnya, menyatakan perlunya keberanian dalam berbisnis olahraga. Bermottokan “man jadda wa jadda” dan sikap tawadlu disertai membangun kepercayaan dan memberikan kepercayaan kepada para konsumennya, kang eful ini telah berhasil menumbuhkan saham bisnis sebesar 1,5 M/bulan. Keberanian yang disertai dengan keuletan, sungguh-sungguh dan kerja keras menghasilkan profesi baru olahraga.
5)     Dr. H. Amung Ma’mun, M.Pd, menjelaskan mengenai perkembangan olahraga Nasional dan Regional bahwa olahraga dapat dikembangkan menjadi industri yang sudah dikembangkan di EROPA dan menuntut kesiapan FPOK untuk menghadapi perkembangan olahraga dalam kerangka industri. Adanya wacana pembentukan Institut Sport atau perguruan tinggi khusus keolahragaan. Dari tataran kebijakan publik, olahraga perlu segera mengambil posisi pentingnya dalam upaya sinergis dengan pembangunan yang lebih menyeluruh.
e.       Dalam acara saresehan selain hibungan tari jaipongan juga dihibur dengan seni pencaksilat dari UKM Pencaksilat FPOK UPI serta senam poco-poco dari UKM Senam FPOK UPI dan diselingi dengan pembagian Door price.
2.   Pameran Buku dan Alat-Alat Keolahragaan : Dalam acara ini dipamerkan buku-buku bahan ajar maupun modul yang merupakan buah karya dari Dosen-dosen FPOK UPI serta memperlihatkan alat-alat keolahragaan yang dimiliki FPOK UPI.
3.      Kegiatan Keolahragaan : acara kegiatan olahraga dilaksanakan pada hari kedua yaitu tanggal 18 Desember 2011 mulai pukul 07.00 s.d 12.00 WIB. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan olahraga seperti tenis lapangan dilaksanakan di lapangan tenis indoor UPI, bulutangkis dan futsal dilaksanakan di Sport Hall FPOK UPI, dan senam bersama dilaksanakan di halaman depan gymnasium. Setalah melakukan olahraga di depan Lobi Kampus FPOK UPI telah disiapkan organ tunggal untuk hiburan setelah berolahraga. Acara organ tunggal ini merupakan media bagi dosen dan alumni FPOK UPI untuk menampilkan bakat nyanyinya yang selama ini terpendam.

Dokumentasi

 Pembukaan diisi dengan Tari Jaipongan dari UKM Senam

MC alumni FPOK UPI
Sambutan Ketua Panitia Dr. Bambang Abduljabar, M.Pd.
Sambutan sekaligus membuka acara oleh Dr. H. Yudha M. Saputra, M.Ed.



Kilas Balik FPOK UPI Oleh Prof. Drs. Harsono, M.Sc.

 
Dialog dengan Drs. H. T. Sukarma

 
Pemberian penghargaan dari FPOK Kepada Prof. Drs. Harsono, M.Sc. oleh Dekan FPOK UPI Dr. H. Yudha M. Saputra, M.Ed.

 
Dialog dengan Alumni FPOK UPI seperti Drs. H. A. Sudrajat, P., Drs. Asep Muslihat, dan Saeful, S.Pd.
Pemenang leleng jaket dari prof. Drs. Harsono



Hiburan Seni Pencak Silat dari UKM Pencak Silat FPOK UPI Senam Bersama dari UKM Senam
 
Pemberian piagam penghargaan dari FPOK UPI kepada Prof. Rusli Lutan, Prof. Drs. H. M. Tahir Djide, dan Drs. A. Sudrajat P., M.Pd.

 
Dialog dengan Dr. H. Amung Ma’mun, M.Pd.


 Olahraga Bersama (Olahraga Tenis Lapangan)

Olahraga Bersama (Olahraga Bulutangkis)

 
Olahraga Bersama (Olahraga Futsal)

 
Hiburan Organ tunggal












1 komentar: